Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tekad Itu Berbuah Manis

Tekad Itu Berbuah Manis

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Waktu berputar begitu cepat, apa yang terjadi hari kemaren bahkan sebulan yang lalu, serasa tadi pagi saja. Jarum jam berputar tanpa kompromi. Minggu pergi, bulanpun datang. Bulan menghilang, tahunpun tiba.

Ternyata, sudah dua puluh tahun lamanya, semenjak tahun 1996 sampai dengan tahun 2016, madrasah tempat Aku mencurahkan segenap ilmu dan ketrampilan yang Aku miliki, memberikan amanah jabatan wali kelas (walas) kepadaku, jabatan ini Aku tunaikan dengan keikhlasan, penuh tanggungjawab, dan tekad yang kuat untuk bisa mengantarkan semua peserta didikku sesuai dengan harapanku, yaitu mereka sukses semuanya, baik sukses akademiknya, aqidahnya, akhlaknya, dan ketrampilannya.

Hari pertama Aku memasuki lokal tempat Aku diamanahi sebagai walas, Aku memberikan motivasi kepada peserta didikku agar mereka menyadari bahwa hakikat kedatangan mereka ke madrasah tidak lain dan tidak bukan adalah menuntut ilmu untuk mempersiapkan bekal menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Aku menyampaikan nasehat Imam Syafi’i Ulama besar kelahiran Palestina, bahwa ada enam faktor yang akan mengantarkan seseorang sukses dalam menuntut ilmu, yaitu kecerdasan, semangat, bersungguh-sungguh, ada kerelaan untuk berkorban mengeluarkan uang, bersahabat dengan guru, dan waktu yang lama.

Enam faktor di atas, Aku sampaikan secara detail poin per poin agar mereka semua mengingat dan mengamalkannya. Banyak hal lain lagi yang kami bahas dalam pertemuan pertama itu, di antaranya membentuk perangkat kelas dan menentukan iuran sosial.

Madrasah atau sekolah manapun, secara umum pasti akan menghadapi masalah yang sama ketika berhadapan dengan peserta didik yang beragam dengan latar belakang keluarga yang berbeda. Ya berbeda pendidikan orangtuanya, ekonominya, kebiasaannya (perilakunya), dan lain sebagainya.

Berhadapan dengan peserta didik yang memiliki kesamaan pola pikir, sikap mental, dan perilaku, sebagai walas Aku tinggal meningkatkan kualitas kadar pola pikirnya, sikap mentalnya, dan perilakunya kepada yang lebih baik dan pekerjaanku seperti ini, tidaklah berat karena Aku merasakan setujuan dengan mereka semuanya, yaitu berupaya setiap hari meningkatkan wawasan keilmuan, mempertinggi budi pekerti (akhlaqul karimah) baik kepada Allah Sang Pencipta, sesama manusia, maupun kepada lingkungan sekitar.

Namun sangat berbeda, ketika dihadapkan kepada peserta didik yang memiliki pola pikir, sikap mental, dan perilaku yang sangat menjengkelkan seperti sering tidak masuk alias alfa. Aku melakukan pendekatan persuasif dan face to face plus dalam hatiku berdoa semoga Allah memberi hidayah dan menuntunnya untuk berbuat yang terbaik bagi dirinya.

Waktu mengalir bagaikan air, tanpa terasa waktu dua semester tahun pembelajaran akan berakhir dengan adanya penerimaan rapor bagi peserta didik. Beberapa hari sebelum penerimaan rapor, selalu diadakan rapat dinas, khusus membicarakan tentang hasil belajar peserta didik yang tuntas dan layak naik kelas sekaligus peserta didik yang harus mengulang kembali pada tingkat yang sama.

Ketika kepala madrasah bertanya kepadaku sebagai walas bagi peserta didikku sekaitan dengan hasil belajar mereka, Aku menjawab Alhamdulillah tidak ada permasalahan alias semua peserta didikku naik kelas dengan nilai memuaskan.

Aku menyadari, ketika amanah dijalankan dengan keikhlasan, penuh tanggungjawab, dan tekad yang kuat, Allah akan memberikan jalan-jalan kemudahan dan menuntun untuk bisa berbuat yang lebih baik dalam mencapai kesuksesan dengan jabatan yang disandang. Alhamdulillah tekad kuat itu berbuah manis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulliah bu Za..rangkaian kata yang bagus ,semoga menulis itu memberikan kebahagian,dan membuat hidup juga lebih manis.

05 Mar
Balas

Alhamdulillah...Terima kasih supportnya Buk Nel...Insya Allah kita lanjutkan dengan karya yang baru lagi

05 Mar

Alhamdulillah..Semua berkat usaha dan doa yang kuat ya bu..

05 Mar
Balas

Alhamdulillah...Benar Buk Eli...Syukran supportnya Buk Eli...

05 Mar

mantap kakak ku..., sangat menginspirasi, ditunggu cerita selanjutnya...

05 Mar
Balas

Alhamdulillah...Syukran supportnya Na...

05 Mar

mantap kakak ku.... sangat mengispirasi, ditunggu cerita selanjutnya.. lanjutkan....

05 Mar
Balas

Ayo kita berfastabiqul khairat via dakwah bil kitabah...

05 Mar

Kereen ibukk tulisannyaaa

13 Mar
Balas

Belajar menulis Buk Yenti...Terima kasih supportnya Buk Yenti...

13 Mar

Alhamdulillah... sebuah motivasi yg luar biasa buk za...

05 Mar
Balas

Alhamdulillah...Mari kita saling memotivasi Ibuk (berfastabiqul khairat).Terima kasih supportnya Ibuk...

05 Mar

Alhamdulillah...Benar Buk Eli...Syukran supportnya Buk Eli...

05 Mar
Balas

Alhamdulillah kk tulisanmu menambah ilmu bg org yg membacanya sbb ilmuwan yg bagus itu mau berbagi kpd mnusia lainnya.dan akan mendapatkan peringkat mnusia paling baik dimata Allah bila kita menuntut dn mengajarkan ilmu tsb

13 Mar
Balas

Belajar menulis Ukhti...Syukran supportnya Ukhti...

14 Mar

Alhamdulillah kk tulisanmu menambah ilmu bg org yg membacanya sbb ilmuwan yg bagus itu mau berbagi kpd mnusia lainnya.dan akan mendapatkan peringkat mnusia paling baik dimata Allah bila kita menuntut dn mengajarkan ilmu tsb

13 Mar
Balas



search

New Post